selalu menggunakan dua sumber data, yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder.
a. Sumber Data Primer
Data primer dalah data authentik atau data langsung dari tangan pertama tentang masalah yang diungkapkan. Secara sederhana data ini disebut data asli. Sumber data primer yang dimaksud adalah karya-karya Prof.K.H. Saifuddin Zuhri, yaitu : Berangkat dari Pesantren, Guruku Orang-orang dari Pesantren, Secercah Da’wah, Agama Unsur Mutlak dalam Nation Building, Sejarah Kebagkitan Islam dan Perkembangannya di Indonesia, dan Kaledeskop Politik di Indonesia, jilid I-III. b. Sumber Data Sekunder
Data sekunder adalah data yang diperoleh atau dikutip dari sumber lain sehingga tidak bersifat authentik (tidak asli) karena diperoleh dari tangan kedua, ketiga dan seterusnya. Sumber data sekunder ini penulis gunakan sebagai data pelengkap atau analisa perbandingan untuk mengetahui otentitas pemikiran K.H. Saifuddin Zuhri. Data tersebut harus dapat dipertanggung jawabkan validitasnya.
2. Metode Analisis Data
a. Metode Deskriptif
Menurut John W. Best, metode deskriptif adalah usaha untuk mendeskripsikan dan menginterpretasikan mengenai apa yang ada tentang kondisi, pendapat yang sedang berlangsung serta akibat (efek) yang terjadi atau kecenderungan yang tengah berkembang. Metode ini penulis gunakan untuk menginterpretasikan kondisi sosial-politik dan pendidikan yang puncaknya terjadi pada tahun 1940-1970 dan selanjutnya akan mengarah pada setting sosial atau latar belakang pemikiran Prof.K.H. Saifuddin Zuhri.
b. Metode Interpretatif
Metode interpretasi adalah “menyelami buku untuk dengan setepat mungkin mampu mengungkapkan arti dan makna uraian yang disajikan”. Metode ini penulis gunakan untuk mengkritis buku-buku karya Prof.K.H. Saifuddin Zuhri yang memuat pemikiran-pemikirannya tentang pengembangan pendidikan Islam (nasional), baik sistem maupun kelembagaan.
c. Metode Analisis Sintesis
Menurut Pardoyo, analisis sisntesis dimaksudkan untuk menelaah secara kritis, menelaah istilah, definisi yang dikemukakan oleh para tokoh atau pemikir, sehingga dapat diketahui kelebihan dan kekurangan masing-masing untuk kemudian menemukan definisi atau pengertian baru yang lebih tepat dan lengkap. Metode ini akan penulis gunakan untuk menelaah secara kritis terhadap kopsep atau pemikiran K.H. Saifuddin Zuhri yang secara implisit merupakan gagasan tentang strategi pengembangan pendidikan Islam (nasional), baik sistem maupun kelembagaan.
d. Metode Komparatif
Menurut Dra. Aswarni Sudjud, sebagaimana dikutip Dr. Suharsimi Arikunto, bahwa analisis komparatif akan dapat menemukan persamaan dan perbedaan tentang benda, orang, prosedur kerja, tentang ide-ide, kritik terhadap orang, kelompok dan terhadap suatu ide atau prosedur kerja. Disamping itu juga membandingkan kesamaan pandangan dan perubahan-perubahan pandangan orang, group atau negara terhadap kasus orang, persitiwa atau terhadap ide-ide. Metode ini penulis gunakan untuk menganalisis pemikiran dan strategi pengembangan pendidikan nasional K.H. Saifuddin Zuhri dengan mengkomparasikan atau membandingkannya dengan sumber lain atau tokoh lain dalam mengembangkan pendidikan Islam di Indonesia pada zamannya.
G. Sistematika Penulisan Skripsi
Untuk dapat mempermudah pemahaman dan penelaahan terhadap pokok-pokok permasalahan yang akan dikaji, maka perlu adanya sistematika penulisan, sehingga pemahaman akan lebih runtun dan terarah. Adapun sistematika penulisan skripsi ini penulis susun sebagai berikut :
1. Bagian Muka (Preliminaries)
Pada bagian ini memuat : Halaman Sampul, Halaman Judul, Halaman Nota Pembimbing, Halaman Pengesahan, Halaman Motto, Halaman Persembahan, Halaman Kata Pengantar dan Halaman Daftar Isi.
2. Bagian Isi (Batang Tubuh)
Pada bagian ini, secara garis besar memuat lima bab, di mana antara bab yang satu dengan bab yang lainnya saling terkait dan merupakan satu kesatuan utuh. Lima bab yang dimaksud adalah :
BAB I PENDAHULUAN. Pada bab ini memuat : Latar Bekang Masalah, Pembatasan Masalah, Rumusan Permasalahan, Tujuan Penulisan Skripsi, Telaah Kepustakaan, Metode Penulisan Skripsi, dan Sistematika Penulisan Skripsi.
BAB II RIWAYAT HIDUP KH. SAIFUDDIN ZUHRI, AKTIVITAS KEPENDIDIKAN DAN KARYA-KARYANYA. Pada bab ini memuat : Latar Belakang Keluarga dan Riwayat Pendidikan, Setting Sosial–Politik pada Masa Saifuddin Zuhri, Aktivitas Kepedidikan dan Karya-karya Prof.K.H. Saifuddin Zuhri.
BAB III PEMIKIRAN DAN KONTRIBUSI PROF. KH. SAIFUDDIN ZUHRI DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA. Pada bab ini memuat : 1) Pemikiran Prof.K.H. Saifuddin Zuhri tentang Pendidikan : a) Arti Pendidikan; b) Tujuan Pendidikan; c) Pendidikan Anak dalam keluarga; d) Eksistensi Pendidikan Agama di Sekolah Umum; dan e) Fungsi Pendidikan Agama dalam Gerakan Pramuka. 2) Kontribusi Prof.K.H. Saifuddin Zuhri dalam Pengembangan Pendidikan Islam di Indonesia : a) Pelopor Pengembangan Pendidikan Tinggi Islam; b) Fasilitarot Sarana Pendidikan Pesantren; c), Memperjuangkan Libur Sekolah Pada Bulan Ramadhan;.
BAB IV ANALISIS PEMIKIRAN DAN KONTRIBUSI PROF. KH. SAIFUDDIN ZUHRI DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA. Bab ini memuat : Pemikiran KH. Saifuddin Zuhri tentang pendidikan, Usaha-usaha KH. Saifuddin Zuhri dalam Pengembangan Pendidikan Islam Indonesia.
BAB V PENUTUP. Pada bab ini memuat : Kesimpulan, Saran-saran dan Kata Penutup.
3. Bagian Akhir
Pada bagian akhir skrpsi ini memuat : Daftar Pustaka, Lampiran-lampiran dan Biografi Penulis.
--ooo0ooo--