Setelah sebelumnya saya posting mengenai daftar kata kerja ranah kognitif, afektif, dan psikomotor, maka saya mencoba mempelajari cara penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran dengan indikator kognitf, afektif, dan psikomotor.
Perangkat mengajar ini di buat sebagai pedoman dalam melaksanakan kegiatan berlajar mengajar yang akan menghasilkan hasil belajar kognitif, psikomotor dan afektif. Hasil belajar kognitif terdiri dari produk dan proses, sedangkan hasil belajar psikomotor adalah keterampilan siswa dalam menjalankan langka kerjaserta belajar afektif terdiri dari perilaku berkarakter dan keterampilan proses. Dengann demikian perangkat RPP ini merupakan perangkat RPP bernuansa keterampilan berfikir, perilaku berkaraker dan keterampilan sosial. Seperti contoh di bawah ini
Semoga perangkat RPP ini dapat memberikan manfaat dan kemudahan bagi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran dan belajar dengan cara menyenangkan.